Selasa, 09 Juni 2020

BRI Optimis Target KUR 2020 Akan Tercapai

Walaupun Indonesia masih ada ditengah masa pandemi, akan tetapi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tetap optimis dapat menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sesuai target pemerintah pada tahun ini sebesar Rp 120,2 triliun.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan bahwa hingga akhir Mei 2020 perseroan berhasil menyalurkan KUR dengan nilai Rp 47,4 triliun kepada elbih dari 1,7 juta UMKM atau setara dengan 39,35 persen dari target yang telah ditentukan. "Kami yakin hingga akhir tahun ini target dari pemerintah untuk KUR akan tercapai," imbuhnya.

BRI Optimis Target KUR 2020 Akan Tercapai

Supari mengungkapkan bahwa strategi perseroan agar KUR tetap tumbuh secara sehat ditengah pandemi adalah dengan menyelenggarakan digitalisasi peminjaman dan pertumbuhan yang selektif.

Penggunan BRISPOT adalah salah satu inisiatif digital BRI yang telah terbukti sangat bermanfaat terutama ditengah imbauan penerapan protokol kesehatan dan physical distancing.

"Dalam menyalurkan KUR, BRI menargetkan sektor produktif yang tetap dibutuhkan pada masa pandemi seperti obat-obatan, pangan dan alat kesehatan," tambahnya.

Sebagai upaya untuk tumbuh secara selektif, BRI juga terus melakukan restrukturisasi kredit pada nasabah yang terdampak COVID-19. Hingga akhir Mei, terdapat sebanyak 2,3 juta debitur UMKM dengan nilai Rp 140,24 triliun telah menjalani restrukturisasi.

"Dari jumlah ini, terdapat 1 juta debitur KUR dengan nilai Rp 18,67 triliun yang mendapatkan restrukturisasi," jelas Supari.