Rabu, 13 Mei 2020

Wall Street Akhiri Tren Penguatan Setelah Investor Putuskan Melakukan Profit Taking

Bursa saham AS turun tajam pada perdagangan hari Selasa. Hal ini sekaligus membuat saham keluar dari tren penguatan pada beberapa hari terakhir ini. Pelemahan ini terjadi karena investor mengevaluasi kembali prospek pemulihan ekonomi pasca kekhawatiran munculnya gelombang kedua penyebaran virus corona.

Dow Jones Industrial Average ditutup turun 457,21 poin atau 1,9 persen ke level 23.764, 78. Standard & Poor's 500 turun 2,1 persen ke level 2.870,12. Sementara itu indeks teknologi Nasdaq juga turun lebih dari persen ke level 9.002,55.

Wall Street Akhiri Tren Penguatan Setelah Investor Putuskan Melakukan Profit Taking

Mayoritas pemegang saham melakukan aksi ambil untung menjelang penutupan pasar. Bank of America, JPMorgan Chase, Citigroup dan Wells Fargo semuanya turun lebih dari 3 persen. Nike dan Disney keduanya juga ditutup turun 2,9 persen.

Investor juga melakukan aksi profit taking untuk saham teknologi. Facebook, Amazon dan Apple sama-sama turun lebih dari 1 persen. Sedangkan Netflix dan Alphabet ditutup turun lebih dari 2 persen.

"Kekhawatiran ekonomi masih menjadi perhatian utama. Walaupun ada pembukaan kembali, namun akan berjalan lambat," kata Peter Boockvar, kepala investasi di Bleakley Advisory Group.

"Ada kekhawatiran mendasar bahwa ekonomi akan pulih dengan lambat dan kita masih ditengah resesi yang mendalam," jelasnya.