Minggu, 09 Februari 2020

Kepala Bappenas Menjadi Kepala Pelaksana Pemindahan Ibu Kota Negara

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengonfirmasi bahwa Kepala Bappenas Suharso Monoarfa akan menjadi Ketua Pelaksana Pemindahan Ibu Kota baru.

"Ya, tadi kami rapat disini. Untuk pimpinan Menteri Perekonomian dan Bappenas. Ya, akhir kata kita bentuk satu tim kecil untuk memfinalisasi berbagai masalah terkait persiapan pemindahan Ibu Kota baru. Nah, ketuanya sementara itu Bappenas jadi semua wakil kementerian, nanti Rabu beliau akan menyampaikan laporan," jelas Luhut.

Kepala Bappenas Menjadi Kepala Pelaksana Pemindahan Ibu Kota Negara

Ditemui ketika mendampingi Luhut, Suharso Monoarfa membenarkan pernyataan dari Luhut dan mengatakan bahwa dirinya merumuskan pembentukan UU terkait Ibu Kota Negara dan Perpres antara Pemerintah dan DPR.

"Sedang dalam sirkulasi diantara, ya kita bahas bulan ini bersama dengan DPR. Kita usahakan secepatnya. Ya kita juga punya target tetapi nanti sama-sama dengan DPR juga, nanti saya ngomong kecepatan dan bisa gak pas dengan DPR," cetusnya.

Untuk diketahui, langkah ini adalah respon dari putusan Presiden Joko Widodo yang resmi mengumumkan pemindahan ibu kota ke sebagain wilayah Kabupaten Penajem Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara pada Pidato Kenegaraan Di MPR pada 16 Agustus 2019 lalu.