Minggu, 08 Desember 2019

Fitch Tingkatkan Rating Dari WIKA Menjadi Stabil

Lembaga Pemeringkat Kredit Internasional, Fitch Ratings menempatkan Long-Term Issue Default Rating PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. WIKA pada peringkat baru ini berada pada level BB dan national long-term rating berada pada level AA-. Fitch juga meningkatkan outlook perusahaan yang sebelumnya negatif menjadi stabil.

Direktur Keuangan WIKA, Ade Wahyu menyambut baik penilaian yang positif untuk perusahaannya tersebut. Dengan rating perusahaan yang berada pada level BB dan outlok stabil menjelaskan bahwa upaya yang dilakuakn perusahaan dalam menjaga kesehatan keuangannya.

Hal ini dibuktikan dengan rasio hutang berbunga atau gearing milik perusahaan hingga kuartal III 2019 tercatat ada di posisi yang masih cukup rendah yaitu level 1,19x dibandingkan dengan abtas hutang berbunga perusahaan atau covenant yang mencapai 2,5x.

Fitch Tingkatkan Rating Dari WIKA Menjadi Stabil

"Capaian ini tentunya akan semakin memperkuat keyakinan dari para investor dengan kemampuan WIKA untuk memenuhi semua kewajiban yang dimilikinya," jelas Ade.

Rating dengan outlook ini disampaikan juga menjadi cerminan kepercayaan dari Fitch Ratings bahwa WIKA akan terus dapat tumbuh kedepannya sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat.

Hal ini tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional atau RPJMN 2020-2024 dengan nilai investasi yang mencapai Rp 37 ribu triliun serta pemindahan ibukota baru yang akan mamakan anggara hingga Rp 446 triliun.

Ade lalu menyampaikan pandangannay mengenai pentingnya memiliki strategi yang tepat dan kapabilitas untuk dapat memastikan bahwa kehadiran WIKA dalam pembangunan dapat bermanfaat untuk masyarakat dan juga berkontribusi unutk pertumbuhan perusahaan.

"WIKA menjadi satu-satunya kontraktor lokal yang mengerjakan proyek kereta api cepat Jakarta - Bandung. WIKA juga bertindak sebagai kontraktor utama yang mengerjakan proyek tol pertama di Kalimantan yang menghubungkan antara Balikpapan dengan Samarinda dan tol Bangkinang - Pangkalan yang menjadi bagian dari Tol Trans Sumatera," ungkapnya.

Dengan kekuatan neraca serta rekam jejak yang luas baik dalam maupun luar negeri, WIKA dapat berperan besar untuk mensukseskan program pembangunan infarstruktur yang telah direncanakan oleh pemerintah sekaligus memastikan bahwa proyek tersebut sesuai dengan ekspektasi dari pemerintah.