Minggu, 24 November 2019

BNI Syariah Kerjasama Pembiayaan Mikro Dan Perumahan Dengan Pemprov Aceh

BNI Syariah telah menyepakati kerja sama bisnis untuk pembiayaan produktif mikro dan pembiayaan griya konsumer.

Perjanjian kerja sama ini dilakukan pada Sabut, 23 November di Pendopo Gubernur Aceh, Banda Aceh. Pada acara ini, BNI Syariah juga melakukan penandatanganan MoU dengan Asosiasi Pedagang Daging Sapi dan Kerbau beserta Pemerintah Aceh untuk pembiayaan program penggemukan sapi di Provinsi Aceh.

Dirut BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo menjelaskan bahwa dengan kerjasama ini, BNI Syariah mendukung program dari Pemprov Aceh untuk swasembada daging dengan menyediakan fasilitas pembiayaan serta fasilitas produk dan jasa perbankan untuk para perternak yang direkomendasikan oleh asosiasi.

BNI Syariah Kerjasama Pembiayaan Mikro Dan Perumahan Dengan Pemprov Aceh

Selain itu, BNI Syariah juga dapat memberikan rekomendasi kepada peternak yang dianggap layak mendapatkan pembiayaan kepada Asosiasi Pedagang Daging Sapi dan Kerbau yang mungkin saja dilewatkan oleh asosiasi.

"Kerja sama dengan Asperda diharapkan dapat memberikan solusi pembiayaan untuk peternak dalam melakukan transaksi keuangan dengan prinsip syariah," jelasnya.

Firman menuturkan bahwa kerja sama dengan Aspeda ini telah sejalan dengan semangat dari BNI Syariah yang ingin mengembangkan UMKM yang berprinsip pada syariah.

Hingga akhir 2019, potensi bisnis dari kerja sama BNI Syariah dengan Aspeda ini diperkirakan mencapai Rp 1,5 miliar yang berasal dari pembiayaan dan pengembangan kapasitas 1.500 peternak sapi yang tersebar di 23 kabupaten kota Provinsi Aceh.

Selain itu, Firman menyatakan bahwa penandatatangan perjanjian kerja sama dengan Aspeda ini dlakukan dalam rangka untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan mikro dari BNI Syariah. Hingga September 2019, realisasi pembiayaan mikro BNI Syariah telah mencapai Rp 1,61 triliun, naik 19,42 persen dibandingan tahun lalu yang hanya mencatatkan Rp 1,35 triliun.

BNI Syariah juga melakukan penandatangan perjanjian kerja sama pembiayaan konsumer untuk perumahan yang dilakukan di Banda Aceh oleh Kepala Cabang BNI Syariah Banda Aceh Zul Irfan Lubis dan CEO PT Aiman Putra Konstruksi, Teuku Rezie Fahlevi.

Kerja sama ini dilakukan untuk mendukung percepatan implementasi peraturan daerah atau Qanun No. 11 mengenai Lembaga Keuangan Syariah yaitu agar kepemilikan rumah oleh masyarakat Aceh menggunakan prinsip syariah.