Rabu, 16 Oktober 2019

BI Dorong Transaksi Dengan QR Code Di Pasar Tradisional

Bank Indonesia akan melakukan kampanye besar-besaran mengenai penggunaan Quick Response atau QR code standard Indonesia atau QR Code Indonesia Standard.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko menjelaskan bahwa terdapat dua segmen yang akan disasar oleh BI dalam kampaney ini. Segmen pertama adalah pedagan di pasar dan yang kedua adalah pelajar dan mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan.

Diharapkan dengan program ini dapat meningkatkan tingkat inklusi keuangan di masyarakat.

BI Dorong Transaksi Dengan QR Code Di Pasar Tradisional

"Kami mendukung financial inclusion dengan menggunakan program QR Code secara besar-besaran yang menyasar dua segmen yaitu pasar tradisional dan pendidikan," kata Onny.

Onny menjelaskan bahwa ini diawali dengan melakukan transaksi secara digital harapannya masyarakat akan memicu kesadaran untuk menabung. Target jangka panjang dari program ini adalah supaya masyrakat untuk dapat mengenali berbagai produk keuangan lain mulai dari asuransi hingga pinjaman dan investasi.

"Karena uang disisihkan di QRIS diharapkan secara lambat laun akan ada literasi yang meningkatkan minat melakukan saving kemudian insurance, lending hingga investment," katanya.

Onny juga mencontohkan majunya inklusi keuangan di Hongkong yang didorong oleh transaksi digital. Menurutnya, saat ini hampir setiap penduduknya berinvestasi pada berbagai instrumen di pasar modal.

Indikasi hal tersebut sudah mulai terlihat di Indonesia dengan keberadaan fintech yang melayani transaksi pasar modal untuk nasabah ritel.

"Di Hongkong, setiap warganya memiliki saham yang dibeli secara ritel dan kita di Indonesia sudah memulai dengan adanya berbagai fintech di bidang investasi dan ritel," jelas Onny.

"BI untuk mendukung program finansial inklusi dan perlindungan konsumen akan mengatur berbagai hal terkait transaksi non-tunai dan kita ada program non-tunai untuk mendukung finansial inclusion yaitu salah satunya dengan QRIS," jelasnya.